Sikap Menabuh Gamelan yang benar. (sopan)



Sikap Menabuh Gamelan yang benar. (sopan)

Halo sob, Taukah anda ? Bahwa dalam Penyajian  Gamelan atau karawitan, Sikap menabuh sangat penting dan perlu di perhatikan lebih,

Karena apa ? karena sikap yang baik akan menambah poin lebih untuk menarik perhatian penonton dibanding sikap yang asal – asalan.

Terus, Bagaimana? sikap menabuh gamelan yang baik dan benar ?

 langsung saja simak sikap menabuh gamelan yang baik dan benar di bawah ini :

1.      Pertama perhatikan posisi badan anda sob, jika masih miring atau masih menyerong ke arah lain coba segera menghadap ke arah alat gamelan yang akan anda tabuh dan posisi badan harus tegak menghadap ke depan.
2.      Yang kedua untuk penabuh putra, anda wajib bersila karena bersila merupakan warisan dari nenek moyang kita (sila tumpang) dengan posisi kaki kiri di bawah kaki kanan.
3.      Ketiga anda harus menghormati atau jawane (ngajeni, ngaji-aji ) gamelan yang akan kita tabuh/yang akan kita gunakan.
Contoh :
·         Tidak boleh melompati ricikan gamelan, bila berjalan/ lewat hendaknya di usahakan lewat sampingnya.
·         Tidak boleh membuang putung rokok pada sela-sela bumbungan atau rancakan gamelan.
·         Setelah selesai menabuh letakkan tabuh ke dalam tempat yang sudah di sediakan.
4.      Di waktu diam (tidak menyajikan gending) atau sedang acara pambicara anda tidak boleh menabuh gamelan sendiri-sendiri atau ngobrol sama penabuh lain.
5.      Ke lima di larang keras menabuh sambil makan, minum, merokok apa lagi mabuk miras (minum minuman keras).
6.      Di larang menabuh gamelan sambil berbicara/ngobrol.
7.      Harus bersatu dalam menyajikan gending, tidak boleh saling menjatuhkan penabuh lain, kalau sampe menjatuhkan wah bisa fatal nanti penyajian gamelannya.
8.      Yang terakhir menabuh harus di lakukan dengan profesional,yang paling penting harus di lakukan dengan ikhlas sepenuh hati dan cinta.hehe  J

Besar harapan sob,
 semoga penabuh karawitan/gamelan di Indonesia semakin kedepan semakin baik, bukan seperti yang sering kita lihat di jaman kita ini penyajian karawitan dengan sikap asal-asalan sehingga mengurangi daya tarik penonton dan daya tarik untuk mempelajarinya.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Sikap Menabuh Gamelan yang benar. (sopan)"