Langkah Belajar Biola untuk Pemula (Belajar dari nol).


Langkah Belajar Biola untuk Pemula (Belajar dari nol).


Belajar biola dan teknik dasar dari nol.
Hal Yang pertama harus anda lakukan adalah Beli biola, kalau Cuma mengandalkan meminjam saya yakin hasilnya tidak akan maksimal, dan Jika Anda baru memulai dengan instrumen ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah berlebihan untuk biola, tapi seperti kebanyakan instrumen, kualitas biola umumnya meningkat saat harganya naik. Harapkan untuk menghabiskan beberapa ratus ribu rupiah untuk biola pemula yang layak.

Beli ukuran penuh atau 4/4, jika Anda orang dewasa. Biola adalah instrumen kecil, tapi ada ukuran kecil yang dirancang khusus yang tersedia. Ini umumnya hanya ditujukan untuk anak-anak yang masih kecil, jadi pastikan biola yang Anda beli itu ukuran penuh kecuali Anda sangat kecil. Anda bisa meminta tokonya untuk rekomendasi jika Anda tidak yakin.
Anda juga bisa meminta tokonya untuk mengukur panjang lengan Anda untuk melihat ukuran biola yang Anda butuhkan. Saat memegang biola dalam posisi bermain, luruskan lengan kiri dan bagian atas ujung jari Anda harus berada di dekat bagian atas gulungan biola. Jika lengan Anda melewati bagian atas, biola terlalu kecil.

Beli dari penjual ternama. Toko musik mempertaruhkan reputasi mereka dalam menjual instrumen padat yang bebas dari kekurangan dan kerusakan yang nyata. Sebagai seorang pemula, Anda tidak akan bisa membujuk suara yang sangat menyenangkan dari instrumen Anda untuk beberapa lama, jadi kekurangan biola yang dijual secara pribadi mungkin tidak jelas bagi Anda sampai terlambat untuk mengeluh. Hanya membeli dari toko atau individu yang bisa Anda percaya.

Periksa asesorisnya. Kecuali Anda membeli instrumen itu saja, pakaian biola Anda seharusnya dilengkapi dengan biola dengan empat senar, busur, dan tas pembawa dan sebagian besar waktu dagu dan dedaunan untuk busur Anda. Dalam kebanyakan kasus, orang yang menjual biola itu dengan senang hati akan menyambungkannya untuk Anda, yang memiliki bonus tambahan untuk memeriksa pasak pasak (tombol pada gulungan, atau atas, biola) adalah Benar sesuai dengan scroll. Kasus sulit penting karena biola adalah instrumen yang sangat rumit.

Type string/senar. ada tiga varietas dasar: usus, yang mahal dan sulit untuk dijaga, tapi yang menawarkan rentang suara yang rumit; Baja, yang nyaring dan terang tapi bisa terdengar gatal, dan sintetis, yang halus, jernih, dan tidak semahal usus. Setiap nama tipe mengacu pada bahan inti di sekitar kawat logam yang dibalut untuk menciptakan senar. Sebagian besar pemula harus menggunakan senar inti sintetis, seperti inti nilon.
Busur harus baru, atau baru berambut kembali. Anda dapat memeriksa ini dengan melihat rambut busur (serat halus, putih atau putih putih) dan memastikan warnanya seragam dan cerah sepanjang panjangnya. Rambut busur harus seragam lebar dari ujung ke ujung.
Busur turun seiring berjalannya waktu. Anda bisa mendapatkan busur Anda berambut ulang dengan sedikit biaya di sebagian besar toko musik.

Beli aksesoris biola. Hampir semua pemain biola menggunakan dagu, yang merupakan plastik ergonomis murah (biasanya hitam) yang menjepit di dekat dasar biola dan memungkinkannya dipegang dengan aman oleh dagumu. Ini biasanya menempel pada biola saat biola dibuat. Selain itu, pastikan Anda memiliki beberapa damar (gumpalan koagulasi) untuk busur, tempat musik, dan buku pelajaran atau lagu pemula, sebaiknya dalam format yang akan terbuka datar.
Beberapa pemain biola, terutama pemula, juga membeli sandaran bahu, yang merupakan bantalan lebar biola yang berada di bahu Anda di bawah biola dan membuatnya lebih mudah dipegang. Banyak orang mulai dengan istirahat bahu dan akhirnya mengeluarkannya setelah beberapa tahun. Jika biola nampaknya menggali ke bahu Anda saat bermain, pertimbangkan untuk membelinya.

Fiddler, jika mereka bernyanyi sambil tampil, sering memegang biola di lekuk lengan saat bermain, dengan pantat bertumpu pada bahu mereka. Bagi mereka, dagu bersandar dan bahu pada umumnya tidak ada gunanya.

·         Teknik Dasar.

1.      Kencangkan haluan. Setelah Anda mengatur musik berdiri dan lembaran musik, buka kasus ini dan lepaskan busurnya. Rambut busur harus lemas. Kencangkan bulu busur dengan memutar sekrup ujung searah jarum jam sampai jarak antara rambut dan tongkat cukup besar untuk melewati pensil melalui bersih dari ujung ke ujung.Rambut jangan terlalu lemas atau terlalu kencang. Rambut tidak sejajar dengan bagian kayu dari busur, tapi dengan bagian kayu melengkung sedikit ke arah rambut.Jangan gunakan jari kelingking Anda sebagai alat pengukur karena minyak dari kulit Anda akan beralih ke rambut, yang perlu tetap bebas dari minyak untuk mendapatkan suara terbaik dari senar.

2.      Rosin busur. Rosin hadir dalam dua tipe, gelap dan ringan; Baik baik untuk digunakan, dan tidak mahal. Di iklim yang lebih hangat, cahaya lebih disukai, gelap dianjurkan di daerah utara lebih banyak. Jika Anda tinggal di iklim yang tidak dapat diprediksi, disarankan untuk memiliki keduanya. Biasanya berbentuk persegi panjang dari bahan keras dan tembus cahaya di atas kertas atau casing kardus yang terbuka di kedua sisinya. Genggam rosin di sisi kertas dan dengan lembut tapi gosokkan dengan kuat ke atas sepanjang rambut busur tiga atau empat kali. Tujuannya adalah untuk mentransfer beberapa dedaunan "debu" ke rambut, membuatnya lengket. Anda perlu mendinginkan busur Anda setiap kali Anda berlatih.Jika Anda tidak berpikir damar menghasilkan "debu" apa pun, ambil kunci, amplas, koin, atau benda tajam lainnya, dan goreslah rosin dengan ringan. Anda akan melihat beberapa garis-garis terang jika Anda tergores cukup keras.Terlalu banyak damar akan menyebabkan busur mencengkeram terlalu baik, menghasilkan suara gatal. Jika Anda terlalu memanjakan busur Anda, tidak masalah; Itu hanya akan mengambil beberapa jam bermain untuk membawanya kembali ke tingkat yang benar.Jika ini adalah busur berambut baru, mungkin diperlukan rosin lebih dari biasanya. Gambarkan sisi datar rambut busur di sepanjang tali untuk melihat apakah itu membuat suara yang jernih setelah tiga atau empat pukulan rosin. Jika tidak, tambahkan beberapa lagi.

3.      Tune biola. Set sisihkan sebentar dan ambil biola dari kasus ini. String, agar dari nada terendah ke tertinggi, harus disetel ke G, D, A, dan E. Anda biasanya dapat membeli tuner listrik dari 90rb sampai 200rb tergantung pada kualitas dan mereknya. Penyesuaian besar dapat dilakukan dengan pasak tuning dalam gulungan biola, tapi jika nada nampaknya sedikit hilang, gunakan panggil logam kecil di dekat bagian bawah, yang disebut fine tuner, untuk membuat penyesuaian Anda. Setelah puas, kembalikan biola ke kotak terbuka sejenak. Anda mungkin ingin memiliki lagu profesional biola Anda terlebih dahulu.


·         Berikut ini adalah mnemonik untuk mengingat urutan tuning dari terendah ke tertinggi:
Mengandalkan nada peluit untuk menemukan catatan yang benar, atau metronom.
Tidak semua biola memiliki tuner yang bagus, tapi bisa dipasang oleh toko. Beberapa biola mungkin hanya memiliki satu tuner yang bagus, pada senar E. Beberapa pemain biola bisa melakukannya hanya dengan satu tuner yang bagus, sementara yang lain mungkin lebih memilih untuk mendapatkan sisanya.

        I.            Grip busur. Gunakan titik keseimbangan untuk belajar memegang busur dan bahkan mengeluarkan berat badan. Bila Anda pikir Anda siap untuk mencengkeram busur seperti profesional, mulailah dengan lembut meletakkan bagian tengah jari telunjuk Anda pada pegangan (bagian empuk yang sedikit empuk, biasanya beberapa inci di atas tombol pengetatan). Letakkan ujung kelingking Anda pada bagian datar tongkat di dekat alasnya, jagalah agar sedikit melengkung. Cincin dan jari tengah harus beristirahat dengan bagian tengahnya sesuai dengan ujung kelingking Anda, dan ujungnya di sisi katak (bagian hitam yang menghubungkan tombol pengetengan ke rambut). Ibu jari Anda harus beristirahat di bawah tongkat, di bagian depan katak, di dekat atau di rambut busur.Awalnya mungkin terasa agak tidak nyaman, tapi seiring berjalannya waktu, itu akan menjadi kebiasaan.Tangan Anda harus santai dan longgar, dan agak bulat seolah memegang bola kecil. Jangan biarkan telapak tangan Anda menutup atau beristirahat di haluan. Hal ini mengurangi kontrol yang Anda miliki selama pergerakan busur, yang menjadi semakin penting seiring kemampuan Anda meningkat.Tahan biola. Berdiri atau duduk dengan lurus ke belakang. Angkat lehernya dengan tangan kiri dan angkat gagang instrumen sampai ke leher Anda. Istirahat bagian bawah biola di tulang kerah Anda dan tahan di tempat dengan rahang Anda. Untuk mempelajari catatan, bagaimanapun, Anda harus memegangnya dengan gaya gitar dan membeli buku musik. Ini sangat membantu.Rahang Anda, tepat di bawah cuping telinga (bukan dagu Anda), seharusnya beristirahat di dagu. Ini membantu mencegah instrumen meluncur dari bahu Anda. (Ini juga mengapa pemain biola di TV sepertinya selalu melihat ke bawah dan ke kanan.Sempurnakan posisi tangan anda. Letakkan tangan Anda di bawah bagian atas leher dan dukung biola sehingga gulungannya menjauh dari Anda. Pegang itu dengan mantap dengan meletakkan sisi ibu jari Anda di leher, dan biarkan keempat jari Anda melengkung di atas fingerboard, yang merupakan pelat hitam yang menutupi bagian depan leher.Waspadalah terhadap "wimpy pergelangan tangan" di mana pergelangan tangan kiri Anda menyentuh fingerboard. Ini juga bisa menjadi kebiasaan jika Anda tidak memperbaikinya.
      II.            Sebagai pemula, tangan Anda harus berada sejauh mungkin sampai leher sambil tetap membiarkan jari penunjuk Anda turun di fingerboard. Akhirnya, Anda akan belajar menggeser tangan Anda ke atas dan ke bawah untuk mencapai nada yang lebih tinggi dengan cepat.
    III.            Mainkan senar. Tempatkan sisi datar rambut busur kira-kira di tengah jalan antara jembatan (tempat kayu tampak tipis 3/4 dari jalan ke bawah senar yang membuat mereka tetap tented) dan fingerboard, sehingga langsung di atas perut (bodi depan) dari biola. Tarik busur sepanjang tali setegas yang Anda bisa, sejajar dengan jembatan, oleskan sedikit tekanan. Suara harus berasal dari biola. Selain itu, miringkan rambut busur menuju jembatan dengan sudut 45 derajat.Lebih banyak tekanan sama dengan suara yang lebih keras, tapi terlalu banyak tekanan membuatnya gatal. Tekanan cahaya harus menghasilkan nada terus menerus dari ujung ke ujung busur; Jika ada celah, busur membutuhkan lebih banyak damar.Jika Anda bermain terlalu dekat dengan jembatan, mungkin juga terdengar gatal.Miringkan busur sedikit ke arah gulungan dan nada Anda akan lebih terfokus, menghasilkan suara yang lebih profesional.
    IV.            Berlatih memainkan senar terbuka (G, D, A dan E dengan urutan dari atas ke bawah). String terbuka hanya senar dimainkan tanpa ujung jari pada mereka. Istirahatkan leher biola di ruang antara ibu jari kiri dan jari telunjuk. Pegang busur dengan pergelangan tangan, siku, bahu dan titik kontak pada senar dalam satu bidang. Ubah senar dengan menaikkan atau menurunkan siku untuk membawa busur ke ketinggian yang sesuai. Cobalah goresan pendek 6 inci (15,2 cm) atau lebih di tengah busur pada awalnya, lalu coba setengah stroke dari katak ke tengah dan belakang lagi. Bekerja dengan cara Anda sampai dengan stroke full-length.
      V.            Stroke pendek dan panjang merupakan teknik penting untuk memainkan biola, jadi jangan merasa seolah-olah Anda membuang-buang waktu berlatih dengan goresan pendek.

Terus berlatih sampai Anda bisa memainkan satu senar sekaligus tanpa menyentuh senar lainnya. Penting untuk mengembangkan kontrol sehingga Anda tidak sengaja memainkan catatan yang tidak ingin Anda mainkan.

    VI.            Berlatih memainkan catatan lainnya. Dibutuhkan banyak latihan untuk menguasai tekanan dan posisi yang diperlukan agar jari Anda menghasilkan catatan yang jelas pada fingerboard. Mulailah dengan jari terkuat Anda, jari telunjuk. Dengan menggunakan tip saja, tekan dengan kuat pada string tertinggi (senar E). Anda tidak perlu menggunakan tekanan sebanyak yang Anda lakukan dengan senar gitar; Jumlah yang sederhana tapi tegas sudah cukup. Gambarkan busur melintasi senar E untuk menghasilkan nada sedikit lebih tinggi. Jika Anda memegang biola dengan benar, jari Anda secara alami akan turun sekitar setengah inci di bawah mur (bagian atas fingerboard), menghasilkan nada F.
  VII.            Tambahkan catatan Begitu Anda bisa menghasilkan catatan yang jelas, coba letakkan ujung jari tengah Anda sedikit ke bawah di bawah jari telunjuk di fingerboard. Jaga kedua jari ke bawah dan mainkan nada lain yang lebih tinggi. Akhirnya, atur jari manis di depan jari tengah dan ulangi prosesnya. Pinkie juga digunakan, namun membutuhkan latihan yang jauh lebih banyak untuk dikuasai. Untuk saat ini, hanya khawatir tentang tiga jari lainnya.
VIII.            Tambahkan string Cobalah memainkan empat nada (terbuka, pointer, tengah, dan cincin) pada keempat senar. Perhatikan jumlah tekanan yang Anda butuhkan untuk menghasilkan catatan yang jelas pada masing-masing tekanan.
    IX.            Latihan skala. Skala adalah serangkaian catatan yang naik dan turun dalam pola langkah (biasanya 8, kadang-kadang 5) yang dimulai pada satu catatan dan berakhir pada versi yang lebih tinggi atau lebih rendah dari catatan yang sama. Skala yang mudah (dan berguna) untuk pemula adalah skala D Major, yang dimulai pada string D terbuka. Dari sana, letakkan jari Anda ke bawah dalam urutan (seperti yang dijelaskan di atas) dan mainkan setiap nada: D (terbuka), E, ​​F tajam, G (yang harus diproduksi oleh jari ketiga atau jari manis Anda). Untuk menyelesaikan skala, mainkan string terbuka tertinggi berikutnya, A, lalu ulangi pola pada string A untuk bermain B, C tajam, dan akhirnya D dengan jari ketiga Anda.Bila dimainkan dengan benar, skala D Major (dan sebenarnya, setiap skala besar) harus sesuai dengan suara nyanyian "Do, Re, Mi, Fa, So, La, Ti, Do" yang terkenal. Jika Anda tidak tahu apa itu, lihat secara online atau tonton film musikal "The Sound of Music," yang menampilkan lagu yang mengesankan dan terkenal yang disebut "Do Re Mi" yang menjelaskannya.
CATATAN :
Jika Anda tidak bisa mendapatkan suara yang benar, ingat: letakkan jari pertama lebar jari dari mur, jari kedua dengan lebar jari dari yang pertama, sebuah
Berlatihlah setiap hari Mulailah dengan waktu yang singkat (15 atau 20 menit) dan bekerja sedikit lebih lama setiap hari sampai Anda mencapai satu jam, atau Anda tidak dapat menemukan waktu lagi untuk bermain. Pemain biola yang serius sering berlatih selama 3 jam atau lebih per hari; Kemudian lagi, banyak pemain biola pada tingkat itu mendapatkan uang untuk bermain. Berlatihlah sebanyak mungkin, dan teruslah melakukannya. Bahkan terdengar cukup bagus untuk memainkan beberapa lagu sederhana bisa memakan waktu berbulan-bulan, namun akhirnya, semuanya akan mulai bersatu.


Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Langkah Belajar Biola untuk Pemula (Belajar dari nol)."

  1. AGEN BANDARQ | DOMINO 99 | POKER ONLINE TERPERCAYA DAN SALAH SATU YANG TERBESAR DI ASIA
    * Minimal DEPOSIT Rp 20.000,-
    * Tersedia 8 game dalam 1 USER ID
    * BONUS Cashback 0.3%
    * BONUS Referral 15%
    <> Contact Us <>
    Fanspage FB : Sahabat QQ
    Pin BB : 2BCD6D81
    Pin BB : 2BD6A2E3
    WA : +855-81734021
    LINE : SAHABATQQ2
    WECHAT : SAHABATQQ
    INSTAGRAM : SAHABATHOKI
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop
    Link Alternatif :
    www,Mejasahabat,info

    BalasPadam
  2. langkah belajar biola yang mudah dan menyenangkan untuk pemula. terimakasih musik pintar

    BalasPadam
  3. http://www.panelphotojakarta.com/
    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.tokopedia.com/zendarto
    https://twitter.com/Partisi17652433
    https://www.instagram.com/panelphoto_jkt/
    https://www.facebook.com/profile.php?id=100040486050053
    https://www.linkedin.com/in/partisi-pameran-lina-6a3ab421b/
    https://www.kaskus.co.id/@Huruftimbul23/?ref=header&med=profile_menu

    BalasPadam