Langkah – langkah mengarang lagu (cepat).



Langkah – langkah mengarang lagu (cepat).

Halo sob, disini Noget mau menjelaskan sedikit tentang bagaimana langkah - langkah mengarang lagu .

Langsung saja yok simaakkk... !!!!
Mengarang lagu tidak hanya sekedar menyusun nada-nada menjadi melodikemudian memberinya syair dibawahnya. Seseorang mengarang lagu membutuhkan pengetahuan yang luas serta bakat yang kuat. Agar tujuan mengarang dapat tercapai dengan baik, maka dibawah ini terdapat beberapa langkah awal di dalam mengarang lagu yaitu :

1.      Memilih tema lagu
Tema adalah pokok pikiran  gagasan atau ide dasar,dalam musik tema dapat di ambil dari kejadian sehari- hari ,mulai dari pengalaman hidup, cerita rakyat, kepahlawanan, cinta dan puji- pujian. Dari tema lagu kita dapat menyusun kalimat musik yang beraneka ragam, sehigga menimbulkan melodi yang bermacam- macam sifat, bentuk dan jenisnya,
Misalnya :
·         Tema kenangan masa lalu
·         Tema percintaan
·         Tema keindahan alam
·         Tema keagamaan
·         Tema karakter binatang
·         Tema imajinasi


2.      Memilih bentuk komposisi
Komposisi adalah rangkaian nada-nada untuk membuat suatu syimponi atau rangkaian unsur-unsur pokok dalam membuat sebuah lukisan musik yang baik. Dalam membentuk suatu komposisi musik diperlukan beberapa unsur-unsur musik yang dipenuh i diantaranya :
a.       Melodi , yaitu rangkaian sejumlah nada atau bunyi berdasarkan perbedaan tinggi rendahnya atau naik turunya.
b.      Irama atau Ritme, yaitu gerak teratur karena munculnya aksen secara tetap
c.       Birama, yaitu bagian pendek-pendek dari suatu lagu yang telah mempunyai irama lengkap.
·         Tanda birama berbentuk angka pecahan (2/4, ¾ , 4/4, 6/8), pembilang menunjukan banyaknya ketukan dalam satu birama, sedangkan penyebut menunjukan not yang nilainya satu ketukan.
·         Contoh : Tanda birama 4/4, artinya : Dalam satu birama ada 4 ketukan , dan setiap ketukan nilainya  ¼ .
d.      Harmoni, yaitu keselarasan panduan bunyi.
e.      Tangga nada, yaitu deretan nada yang disusun secara berjenjang
·         Tangga nada dibagi menjadi dua macam, sebagai berikut :
·         Tangga nada Diantonis, yaitu tangga nada yang menggunakan tujuh buah nada dengan dua macam jarak yaitu ½ dan 1.
·         Tangga nada Pentatonis, yaitu tangga nada yang menggunakan lima buah nada dengan jarak menurut aturan – aturan tertentu. Berdasarkan nadanya, tangga nada pentatonis dibagi menjadi dua yaitu pelog dan slendro.
f.        Tempo, yaitu cepat lambatnya suatu lagu dinyanyikan. Ada tiga jenis tanda tempo, sebagai berikut :
·         Tempo lambat : Largo (lambat), adagio (lambat penuh perasaan), grave (khidmat)
·         Tempo sedang : Andante (sedang, secepat orang berjalan), moderato(sedang)
·         Tempo cepat : Allegro (cepat), Mars (secepat orang berbaris)
g.       Dinamik, yaitu keras lembut lagu dan perubahanya.
·         Tanda dinamik dibagi menjadi tiga macam :
·         Lembut : piano (p = lembut), pianissimo (pp= sangat lembut)
·         Sedang : mezzo piano (mp= sangat lembut), mezzo forte (mf= setengah keras)
·         Kuat : Forte (f = kuat), Fortissimo (ff = sangat kuat)
h.      Timbre atau warna suara
·         Warna suara ditentukan oleh sumber bunyi. Suara yang dihasilkan dari alat musi tiup akan berbeda dengan suara yang dihasilkan dari alat musik gesek.

3.      Menentukan tangga nada
Tangga nada berhubungan erat dengan karakter lagu yang akan di buat, tangga nada mayor mempunyai sifat lagu penuh keyakinan, optimis, mantab, menggembira, ceria, bangga dan menyenangkan. Sedangkan tangga nada minor mampu melukiskan karakter pesimisme atau penuh keraguan, sedih, sendu, mudah terharu, kecewa, kegagalan, melankolis, dan sebagainya. Bahkan satu lagu menggunakan tangga nada mayor dan minor.

4.      Menentukan ambitus suara
Ambitus adalah kemampuan seseorang untuk menjangkau wilayah suara dari yang terendah sampai nada yang tertinggi. Maka untuk siapakah lagu yang akan di buat merupakan salah satu faktor penting yang harus di perhatikan . apakah anak-anak, remaja, orang dewasa, atau untuk umum. Setiap kelompok masyarakat memiliki kemampuan ambitus yang berbeda.
Tolak ukur ambitus suara sebenarnya bukan perbandingan seseorang, namun lebih di titik beratkan pada kemampuan menjangkau tinggi nada tertentu. Ancar-ancar ambitus ideal dapatlah dipergunakan sebagai pedoman umum sehingga begitu menyulitkan penyanyi dalam membawakan sebuah lagu.

5.      Menentukan irama
Memilih dan menentukan salah satu ukuran birama sangat mempengaruhi lagu yang akan di ciptakan . irama merupakan jantung dan unsur pokok sebuah lagu yang mampu memberi corak tertentu dan warna musiknya. Disamping itu pemilihan birama juga akan mempengaruhi pemakaian tempo yang cocok untuk irama yang akan dipakai.

6.      Menyusun melodi atau syair lagu
Setiap pengarang lagu dalam menyusun melodi atau membuat syair lagu yang pasti memiliki cara yang berbeda, namun antara melodi dan syair lagu tidak boleh berdiri sendiri-sendiri apalagi bertentangan. Kedua faktor tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh.melodi tanpa syair sendiri pun sebenarnya sudah merupakan suatu ungkapan pernyataan jiwa yang lengkap.

Untaian di atas merupakan langkah pasti sob untuk mengarang lagu dengan baik dan benar, kusus buat sobat yang mempunyai bakat terpendam saya sarankan segeralah mengasahnya dengan belajar yang giat.

Baca juga nih :
Teori cara Mengarang lagu yang baik dan benar (profesional)
Belajar teknik vokal profesional untuk pemula .
Tanda – Tanda yang ada pada lagu

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Langkah – langkah mengarang lagu (cepat)."

  1. Maaf ya gan... Saran ane lebih di rapihkan lagi tiap paragrafnua biar enak di lihat

    BalasPadam
  2. Trima kasih mas kojek atas masukannya, tp untuk skrng blm bisa langsung perbaikan karna komputer,laptop rusak kemarin buat render animasi tugas Akhir, insyaallah akan segera sya perbaiki..sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih mas kojek.

    BalasPadam